Pages

Selasa, 19 Februari 2013

PENGISIAN DDST


Note : selasa 19-02-2013
Di lab FIK UNIPDU
PENGISIAN DDST
PENGERTIAN
DDST ( denver development sceening test ) : salah satu metode screening yang di gunakan untuk menilai perkembangan anak dan di tujukan untuk usia 1 bulan- 6 tahun
TUJUAN
·      Untuk mengetahui berbagai masalah perkembangan yang memerlukan pengobatan konseling genetik
·      Untuk mengetahui kelainan perkembangan anak dan hal lain yang memerlukan resiko terjadinya kelainan perkembangan tersebut.
·      Untuk mengetahui kapan anak erlu dirujuk ke sentor yang lebih tinggi

PERSIAPAN ALAT
·      Alat permainan sesuai umur
·      Formlir DDST
·      Alat tulis
·      Penggaris panjang

LANGKAH-LANGKAH
1.    Siapkan formulir DDST yang di gunakan beserta alat bantu untuk melakukan pemeriksaan DDST.
2.    Beri salam pada klien / ibu dengan sopan ,perkenalkan diri anda kepada mereka, jelaskan tuuan dari tindakan yang akan di lakukan
3.    Melakukan anamnesa untuk memperoleh data bayi maupun orang tuanya sesuai dengan formulir yang ada
4.    Mencuci tangan di bawah air mengalir dengan sabun dan keringkan dengan handuk kering
5.    Menentukan usia / umur bayi / anak dengan tepat
6.    Memasukkan usia bayi pada formulir DDST dengan menarik garis vertikal pada formulir DDST
7.    Melakukan penilaian perkembangan bayi / anak menggunakn alat bantu sesuai dengan tugas-tugasnya yang terletak di sebelah kiri garis usia bayi  anak
8.    Mengklasifikasikan hasil penilaian yang telah di lakukan  yaitu normal / abnormal / meragukan / tidak dapat di test
9.    Memberikan informasi kepada keluarga hasil dari pemeriksaan (penilaian )yang telah di lakukan, memberikan penyuluhan .
10. Merencankan pemeriksaan selanjutnya pada kunjungan beriutnya jika ibu melakukan kunjungan ulang.
11.Secar sopan santun ucapkan salam perpisahan pada ibu /keluarga dan ucapkan teima kasih .
12.   Mencuci tangan di bawah air mengalir dengan sabun dan keringkan dengan handuk kering.



Keterangan :
Dalam DDSt ada 4 sektor
1.      Sektor  personal sosial
 (aspek yang berhubungan dengan kemampuan mandiri ,bersosialisasi , dan berinteraksi dengan lingkungannya).
contoh : menatap muka, membalas senyum, makan sendiri, tepuk tangan , menyatakan keinginan,menirukan kegiatan,minum, membuka pakaian ,gosok gigi,pakaian,menyebut nama teman, bermain ,dll
2.      Gerakan motorik halus
( aspek yang berhubungan dengan kemampuan anak untuk mengamati sesuatu ,melakukan gerakan yang melibatkan bagian2 tubuh tertentu dan dilakukan otot-otot kecil, tetapi memerlukan koordinasi yang cermat 0
3.      Bahasa
( kemampuan untuk memberikan respon terhadap suara ,mengikuti perintah dan berbicara spontan )
4.      Gerakan motorik kasar
( aspek yang berhubungan dengan pergerakan dan sikap tubuh )
Penilaian DDST
1.      Abnormal :
- bila terdapat 2 atau lebih sektor keterlambatan
2.      Normal
- tidak ada sektor keterlambatan
3.      Meragukan
- jika ada 1 sektor keterlambatan dari 4 sektor
4.      Tidak dapat di test
Di katakan mengalami 1 sektor keterlambatan jika ada 2 F di kiri garis usia
Dan apabila ada 1 F di kiri garis dan tepat di garis usia anak tidak lulus
Cara menghitung usia anak = tanggal periksa – tanggal lahir
Note : ddst 15 sedangkan ddtk 16




                                                          

                                                                                                         meza ntu gadiez


4 komentar:

Unknown mengatakan...

ini baru kerren bee... Aserehe...

:* ♏ùάçĥº°º♏ùάçĥº°º♏ùάçĥ :*

meza ntu gadiez mengatakan...

hehehe..
.,makassiii bobo

Unknown mengatakan...

jhek gun makacih bee..??? Ga dapat hadiah reah..??? :(

meza ntu gadiez mengatakan...

.
.Mw minta hadiah apah boo..
.
.Q punya kucing wak shabrUn..

Posting Komentar