Note : selasa
19-02-2013
Di lab FIK
UNIPDU
PENGISIAN DDST
PENGERTIAN
DDST ( denver
development sceening test ) : salah satu metode screening yang di gunakan untuk
menilai perkembangan anak dan di tujukan untuk usia 1 bulan- 6 tahun
TUJUAN
·
Untuk mengetahui berbagai masalah
perkembangan yang memerlukan pengobatan konseling genetik
·
Untuk mengetahui kelainan
perkembangan anak dan hal lain yang memerlukan resiko terjadinya kelainan
perkembangan tersebut.
·
Untuk mengetahui kapan anak erlu
dirujuk ke sentor yang lebih tinggi
PERSIAPAN ALAT
·
Alat permainan sesuai umur
·
Formlir DDST
·
Alat tulis
·
Penggaris panjang
LANGKAH-LANGKAH
1.
Siapkan formulir DDST yang di
gunakan beserta alat bantu untuk melakukan pemeriksaan DDST.
2.
Beri salam pada klien / ibu dengan
sopan ,perkenalkan diri anda kepada mereka, jelaskan tuuan dari tindakan yang
akan di lakukan
3.
Melakukan anamnesa untuk memperoleh
data bayi maupun orang tuanya sesuai dengan formulir yang ada
4.
Mencuci tangan di bawah air mengalir
dengan sabun dan keringkan dengan handuk kering
5.
Menentukan usia / umur bayi / anak
dengan tepat
6.
Memasukkan usia bayi pada formulir
DDST dengan menarik garis vertikal pada formulir DDST
7.
Melakukan penilaian perkembangan
bayi / anak menggunakn alat bantu sesuai dengan tugas-tugasnya yang terletak di
sebelah kiri garis usia bayi anak
8.
Mengklasifikasikan hasil penilaian
yang telah di lakukan yaitu normal /
abnormal / meragukan / tidak dapat di test
9.
Memberikan informasi kepada keluarga
hasil dari pemeriksaan (penilaian )yang telah di lakukan, memberikan penyuluhan
.
10. Merencankan pemeriksaan selanjutnya
pada kunjungan beriutnya jika ibu melakukan kunjungan ulang.
11.Secar sopan santun ucapkan salam
perpisahan pada ibu /keluarga dan ucapkan teima kasih .
12. Mencuci tangan di bawah air mengalir
dengan sabun dan keringkan dengan handuk kering.
Keterangan
:
Dalam
DDSt ada 4 sektor
1.
Sektor personal sosial
(aspek yang berhubungan dengan kemampuan mandiri ,bersosialisasi , dan berinteraksi dengan lingkungannya).
contoh : menatap muka, membalas senyum, makan sendiri, tepuk tangan , menyatakan keinginan,menirukan kegiatan,minum, membuka pakaian ,gosok gigi,pakaian,menyebut nama teman, bermain ,dll
(aspek yang berhubungan dengan kemampuan mandiri ,bersosialisasi , dan berinteraksi dengan lingkungannya).
contoh : menatap muka, membalas senyum, makan sendiri, tepuk tangan , menyatakan keinginan,menirukan kegiatan,minum, membuka pakaian ,gosok gigi,pakaian,menyebut nama teman, bermain ,dll
2.
Gerakan motorik halus
( aspek yang berhubungan dengan kemampuan anak untuk mengamati sesuatu ,melakukan gerakan yang melibatkan bagian2 tubuh tertentu dan dilakukan otot-otot kecil, tetapi memerlukan koordinasi yang cermat 0
( aspek yang berhubungan dengan kemampuan anak untuk mengamati sesuatu ,melakukan gerakan yang melibatkan bagian2 tubuh tertentu dan dilakukan otot-otot kecil, tetapi memerlukan koordinasi yang cermat 0
3.
Bahasa
( kemampuan untuk memberikan respon terhadap suara ,mengikuti perintah dan berbicara spontan )
( kemampuan untuk memberikan respon terhadap suara ,mengikuti perintah dan berbicara spontan )
4.
Gerakan motorik kasar
( aspek yang berhubungan dengan pergerakan dan sikap tubuh )
( aspek yang berhubungan dengan pergerakan dan sikap tubuh )
Penilaian DDST
1.
Abnormal :
- bila terdapat 2 atau lebih sektor keterlambatan
- bila terdapat 2 atau lebih sektor keterlambatan
2.
Normal
- tidak ada sektor keterlambatan
- tidak ada sektor keterlambatan
3.
Meragukan
- jika ada 1 sektor keterlambatan dari 4 sektor
- jika ada 1 sektor keterlambatan dari 4 sektor
4.
Tidak dapat di test
Di katakan mengalami 1 sektor keterlambatan jika ada 2 F di kiri
garis usia
Dan apabila ada 1 F di kiri garis dan tepat di garis usia anak
tidak lulus
Cara menghitung usia anak = tanggal periksa – tanggal lahir
Note : ddst 15 sedangkan ddtk 16
meza ntu gadiez
4 komentar:
ini baru kerren bee... Aserehe...
:* ♏ùάçĥº°º♏ùάçĥº°º♏ùάçĥ :*
hehehe..
.,makassiii bobo
jhek gun makacih bee..??? Ga dapat hadiah reah..??? :(
.
.Mw minta hadiah apah boo..
.
.Q punya kucing wak shabrUn..
Posting Komentar